Sekjen Kemenag Berikan Pembinaan ASN Kanwil Sulbar

M. Isa | Sabtu, 09/01/2021 15:39 WIB
Sekjen Kemenag Berikan Pembinaan ASN Kanwil Sulbar Sekjen Kemenag Nizar memberikan pembinaan kepada ASN Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Barat (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Sekjen Kemenag Nizar memberikan pembinaan kepada ASN Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Barat. Nizar mengingatkan tentang program prioritas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk melakukan penguatan moderasi beragama.

"Mari kita berkomitmen bersama untuk menjaga keseimbangan yang paripurna. Semua warga masyarakat apapun suku, etnis, budaya, agama dan pilihan politiknya, harus mau saling belajar melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan," pesan Nizar di Mamuju, Jumat 8 Januari 2021.

Menurutnya, penguatan moderasi beragama menjadi bagian dari prioritas Kemenag yang sudah masuk dalam RPJPM 2020-2024. Ada beberapa hal yang perlu dipahami bersama terkait penguatan moderasi beragama. Pertama, penguatan cara pandang, sikap dan praktik beragama jalan tengah. Kedua, penguatan harmoni kerukunan umat beragama. Ketiga, penyelarasan relasi agama dan budaya. Keempat, peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama. 

"Kelima, pengembangan ekonomi dan sumberdaya keagamaan," ujarnya.

Selain terkait moderasi beragama, Nizar juga menggarisbawahi aspek lainnya, seperti pembenahan aspek kelembagaan dan SDM. Langkah yang dilakukan antara lain dengan penataan organisasi dan tatalaksana kantor pusat dan instansi vertikal. Dampaknya, penambahan dan/atau pengurangan jabatan struktural harus berdasarkan pada peraturan perundang-undangan.

"Termasuk juga dengan melakukan transformasi kelembagaan perguruan tinggi keagamaan negeri yang dilaksanakan secara terbatas, sesuai peraturan perundang-undangan, serta dengan memperhatikan peluang dan tantangan," tandasnya.