500 Lebih Nakes Gugur Saat Pandemi, Menkes Minta Batasi Mobilitas

Rahmad Novandri | Rabu, 06/01/2021 19:23 WIB
500 Lebih Nakes Gugur Saat Pandemi, Menkes Minta Batasi Mobilitas Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa kondisi rumah sakit di Indonesia saat ini sudah mulai kewalahan menangani pasien COVID-19. Budi menyebut, lebih dari 500 tenaga kesehatan (nakes) telah gugur saat bertugas.

Untuk itu, ia meminta semua pihak membatasi mobilitas. Hal itu supaya nakes yang gugur bisa dicegah.

"Sudah lebih dari 500 tenaga kesehatan kita yang wafat. Oleh karena itu, saya minta tolong, tolong kita bantu mereka, kita lindungi mereka, kita jaga mereka dengan mengurangi mobilitas dalam 2 minggu, mulai tanggal 11 Januari seperti yang diarahkan Pak Menko (Menteri Perekonomian)," kata Menkes dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 6 Januari 2021.

Budi menegaskan, seluruh masyarakat harus membantu untuk menjaga, melindungi, dan mengawal tenaga medis yang berjuang menangani COVID-19. Ia juga mengingatkan agar masyarakat bisa mengurangi mobilitas selama dua minggu mulai 11 Januari mendatang.

"Ini untuk menjaga, melindungi, dan mengawal rekan-rekan tenaga kesehatan kita. Sudah cukup 500 orang yang wafat, jangan lebih banyak lagi," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan pembatasan baru pada 11-25 Januari 2021. Adapun sejumlah wilayah dengan kriteria tertentu termasuk dalam pembatasan ini, terutama wilayah Jawa dan Bali.


Berita Terkait :