Diktis Kemenag Siapkan Anggaran Rp22 M untuk Akreditasi 791 Prodi

M. Isa | Rabu, 06/01/2021 15:49 WIB
Diktis Kemenag Siapkan Anggaran Rp22 M untuk Akreditasi 791 Prodi Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam menjadikan akreditasi program studi (prodi) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sebagai salah satu program prioritas. Diktis telah menyiapkan anggaran Rp22miliar untuk proses akreditasi sekitar 791 prodi.

“Tahun 2021 harus lebih cepat lagi dalam melakukan akreditasi program studi. Prioritasnya adalah Prodi pada perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) dengan dana yang disiapkan 22 Milyar. Data yang siap diakreditasi  sejumlah 791 prodi," ungkap Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Suyitno dilansir kemenaggoid, Rabu 6 Januari 2021.

Akreditasi prodi, kata Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, akan menjadi pintu masuk akreditasi institusi. Hal ini harus didukung dengan kehadiran Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Sebab, asesor di BAN-PT untuk Prodi di lingkungan Diktis, khususnya bidang keagamaan, terbatas. Sehingga, diperlukan keberadaan LAM Keagamaan.

“Proses pengajuan LAM Keagamaan ini, alhamdulillah sudah berjalan sesuai prosedur. Semoga proposal studi kelayakan LAM Keagamaan yang telah disubmit akhir tahun 2020 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera diproses. Sehingga, Kementerian Agama dapat diberikan mandat untuk menjalankan amanah dari LAM tersebut. Syukur hal itu bisa dimulai pada tahun 2021 ini," demikian harapan mantan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) ini.

Tahun 2021 ini, Diktis juga katanya, akan melakukan penguatan Ma’had al-Jamiah di PTKI. Ini dilakukan bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.


Berita Terkait :