Satgas: Vaksinasi COVID-19 Efektif Lindungi Masyarakat Jika Kondisi Terkendali

Rahmad Novandri | Selasa, 05/01/2021 20:17 WIB
Satgas: Vaksinasi COVID-19 Efektif Lindungi Masyarakat Jika Kondisi Terkendali Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa vaksin COVID-19 akan lebih efektif melindungi masyarakat jika vaksinasinya dilakukan pada kondisi yang lebih terkendali.

"Vaksin lebih efektif melindungi masyarakat saat vaksinasi dilakukan pada kondisi lebih terkendali," ujar Wiku di Jakarta, Selasa, 5 Januari 2021.

Dijelaskannya, kondisi lebih terkendali yakni di mana laju penularan virus rendah. Jika vaksinasi dilakukan saat laju penularan tinggi, maka peluang tidak tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity akan semakin besar.

Oleh karena itu dia meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat, di tengah rencana vaksinasi COVID-19. "Saat ini pemerintah sedang menyiapkan vaksinasi. Saya tetap meminta masyarakat untuk tidak lengah," tegasnya.

Vaksinasi COVID-19 akan dilakukan segera setelah diperoleh Emergency Use Authorization (EUA) atau otorisasi penggunaan darurat. Sambil menunggu adanya EUA, pemerintah sudah mulai mendistribusikan vaksin ke berbagai daerah di tanah air guna memastikan ketersediaan vaksin.

Rencananya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksinasi guna meyakinkan publik atas keamanan vaksin. Selanjutnya prioritas vaksinasi akan diberikan kepada para tenaga kesehatan.