Menteri Ida Fauziyah Beri Anugrah Penerapan 5 S ke Pagawai Kemnaker

M. Isa | Jum'at, 25/12/2020 15:36 WIB
Menteri Ida Fauziyah Beri Anugrah Penerapan 5 S ke Pagawai Kemnaker Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)
RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan Anugerah Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) di lingkungan Kemnaker, Jakarta, Rabu 23 Desember 2020 lalu. 
 
Anugerah Penerapan 5 S ini diserahkan oleh Menaker Ida Fauziyah yang diwakili oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Budi Hartawan.
 
Pemenang Anugerah Penerapan 5S yaitu Set-Itjen Terbaik 1, Biro Perencanaan Terbaik 2, Pusdatin  - Barenbang Terbaik 3, Dit. Pemagangan Ditjen Bina Lattas Terbaik 4, Dit. Penerapan Norma Keselamatan Kerja – Ditjen PKK & K3 Terbaik 5, Dit. Pengupahan Ditjen PHI& Jamsos Terbaik 6  dan Dit. Penetapan Tenaga Kerja Asing  Terbaik 7.

Dalam sambutannya, Budi Hartawan mengatakan 5S merupakan budaya dari Jepang, yang pada awalnya sudah banyak diterapkan di sebagian besar perindustrian seluruh dunia. 5S merupakan sebuah metode penataan dan pengelolaan tempat kerja secara sistematis dan terorganisir dengan pendekatan proses perubahan sikap.

Budi Hartawan menjelaskan maksud dan tujuan dari penerapan 5S adalah untuk membentuk sikap atau perilaku yang harus dimiliki oleh setiap orang dan diaplikasikan di mana saja. Tak hanya di lingkungan kerja saja, tapi juga di rumah.

"5S berpengaruh langsung terhadap produktivitas dan merupakan pondasi atau landasan dalam setiap aktivitas pekerjaan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman, " ujar Budi Hartawan.

Berita Terkait :