Hadiri Pengukuhan Pengurus Pusat MUI, Gus Yaqut: Ini Relasi Harmoni Ulama dan Umaro

M. Isa | Kamis, 24/12/2020 17:32 WIB
Hadiri Pengukuhan Pengurus Pusat MUI, Gus Yaqut: Ini Relasi Harmoni Ulama dan Umaro Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menghadiri Pengukuhan dan Ta’aruf Dewan Pimpinan MUI Masa Khidmat 2020-2025 di Jakarta, Kamis 24 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Gus Yaqut mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan representasi dari relasi ulama dan umaro yang saling menghormati dan mengisi. Ada banyak momen di mana keduanya saling mengisi, saling mengoreksi dan bahkan saling berbagi peran. 

“Inilah relasi harmoni ulama dan umaro yang kita jaga,” ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut menuturkan bahwa keberlangsungan pembangunan nasional banyak dipengaruhi oleh meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, “Kita tak dapat terus melakukan pembangunan tanpa disertai terbangunnya kualitas kehidupan beragama,” tuturnya.

“Keberagamaan yang rukun, damai dan sejahtera adalah faktor penting tercapainya pembangunan Nasional,” sambungnya.

Dalam konteks inilah, lanjut Ketum GP Ansor itu, Pemerintah berharap peran MUI yang lebih luas dan tegas dalam mengawal kerukunan. “Kita percaya sosok-sosok dalam MUI adalah para ulama terpilih yang tak diragukan lagi komitmen kebangsaannya. Kita percaya MUI merupakan Khodimul Ummah Shodiqul Hukumah  (Pelayan Umat dan Mitra Pemerintah),” ujarnya. 

“Seluruh bangsa Indonesia tentunya akan menanti peran MUI ke depan,” lanjutnya.

Kementerian Agama, katanya, tak akan sungkan membuka kemitraan yang seluas-luasnya bersama MUI dalam membangun dan menjaga kerukunan. 

“Kami telah menyiapkan beragam program pembangunan bidang agama. Tentu kami tak dapat menjalankannya sendirian. Perlu keterlibatan masyarakat, tokoh agama dan ormas Islam, dan tentu MUI” tandas Menag.