PBNU Doakan Menteri Baru Bisa Wujudkan Visi dan Misi Jokowi-Maruf

Rahmad Novandri | Selasa, 22/12/2020 21:25 WIB
PBNU Doakan Menteri Baru Bisa Wujudkan Visi dan Misi Jokowi-Maruf Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenalkan enam menteri baru di Istana Negara, Selasa (22/12). (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju, Rabu, 23 Desember 2020. Salah satu menteri baru tersebut yakni Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama.

Ketua PBNU, Robikin Emhas menyampaikan, dalam sistem presidensial kewenangan membentuk kabinet sepenuhnya ada di tangan Presiden, termasuk dalam melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Untuk itu, ia berharap agar para pembantu Presiden dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Kita berdoa semoga para pembantu presiden dapat mengamban amanah dengan baik sehingga sukses dalam menjalankan tugas," kata Robikin dalam keterangannya, Selasa, 22 Desember 2020.

Selain itu, Robikin berharap agar para menteri yang ditunjuk Jokowi dapat mewujudkan visi dan misi sebagaimana yang disampaikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-KH Maruf Amin saat kampanye dulu.

Adapun keenam menteri baru tersebut antara lain:

  1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
  2. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
  3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.
  4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama.
  5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.
  6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.