Kemnaker Siapkan BBPLK Semarang Jadi Pusat Pelatihan Fashion Technology

M. Isa | Senin, 21/12/2020 23:05 WIB
Kemnaker Siapkan BBPLK Semarang Jadi Pusat Pelatihan Fashion Technology Staf Khusus Menaker, Dita Indah Sari (foto: istimewa)
RADARBANGSA.COM - Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari mengungkapkan, demi mendukung dunia industri fesyen di Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengembangkan BBPLK Semarang untuk menjadi pusat pelatihan jurusan Fashion Technology yang bisa menjadi rujukan pengembangan pelatihan fesyen di tanah air.
 
"Sebab di BBPLK Semarang telah dilengkapi dengan sarana prasarana, fasilitas, dan mesin-mesin yang cukup modern dan representatif," kata Dita Indah Sari dalam keterangan pers yang dilansir kemnakergoid, Senin 21 Desember 2020.

Dita berharap pelatihan kerja di jurusan Fashion Technology bisa menjadi pintu masuk bagi para peserta dan alumni pelatihan BLK untuk menembus pasar fesyen dunia. "Kita dorong para lulusan BLK agar bisa mulai mensejajarkan diri dengan para desainer senior, dengan menampilkan karyanya di berbagai ajang lokal hingga internasional," harapnya.

 Tak hanya itu, lanjut Dita , pihaknya juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperbanyak program pengembangan usaha rintisan (Start-up) untuk menumbuhkan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang memproduksi produk-produk fesyen unggulan.

Sebagai informasi, dalam gelaran Fashion Design Competition Kemnaker 2020, juri memilih tiga nama yang ditetapkan sebagai juara. Juara 1 jatuh kepada Sera Syarifah Rahmania dari Pekalongan, Jawa Tengah dengan tema “Strate”.

Untuk juara 2 berhasil disabet Amanda Magdalena dari Bekasi, Jawa Barat, dengan tema “Terik”. Sementara juara 3 diraih Annisa Aulia Rachman dari Sorong, Papua Barat dengan tema “Lurik Tenun Sumba”.