Pelabuhan Internasional Patimban Mulai Beroperasi Hari Ini

Ahmad Zubaidi | Minggu, 20/12/2020 14:35 WIB
Pelabuhan Internasional Patimban Mulai Beroperasi Hari Ini Pelabuhan Internasional Patimban, Subang (foto Kemenhub)

RADARBANGSA.COM - Indonesia kini mempunyai Pelabuhan kelas Internasional baru, yaitu Pelabuhan Internasional Patimban. Pelabuhan ini berada di Subang, Jawa Barat, dan mulai beroperasi hari ini, Minggu, 20 Desember 2020. Namun, pengoperasian dilakukan secara terbatas.

"Pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo dalam keterangannya, Sabtu, 19 Desember 2020.

Bersamaan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban juga akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari Pelabuhan Patimban berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit dengan menggunakan Kapal MV. Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

Kapal MV. Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN. Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban.

Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

Agus berharap, dengan kehadiran Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional.

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu proyek strategis nasional pelabuhan baru yang dilaksanakan melalui pendanaan dari Official Development Assistance (ODA Loan) Pemerintah Jepang.

Biaya pembangunan tahap I paket I Pelabuhan Patimban sebesar Rp 6,1 triliun. Kemudian tahap I paket 2 sebesar Rp 1,8 triliun dan tahap I paket 3 senilai Rp 524 miliar dan tahap I paket 4 sebesar Rp 1,2 Triliun.