Pemulihan Ekonomi APEC, Mendag Tekankan Integrasi dan Digitalisasi UMKM

M. Isa | Selasa, 15/12/2020 20:03 WIB
Pemulihan Ekonomi APEC, Mendag Tekankan Integrasi dan Digitalisasi UMKM Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menghadiri peluncuran Gelar Buah Nusantara di Jakarta (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menegaskan pentingnya integrasi dan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bagi kondisi perekonomian para Ekonomi yang tergabung dalam Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC). 

“Peran UMKM pada Ekonomi APEC semakin signifikan untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan perdagangan, kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan inovasi. Mendorong partisipasi UMKM APEC di pasar regional dan global telah menjadi agenda prioritas APEC sejak arahan kepala pemerintahan ekonomi APEC pada 2015 untuk mengadopsi Agenda Aksi Boracay untuk globalisasi UMKM,” jelas Mendag Agus Suparmanto dalam keterangan persnya, Selasa 15 Desember 2020.

Menurut Mendag, pada masa pandemi Covid-19, UMKM mendapat gempuran yang keras dari guncangan ekonomi akibat tindakan pencegahan penyebaran virus. Untuk itu, para Ekonomi APEC tengah mengintensifkan upaya menuju ketahanan dan kemakmuran di kawasan, dengan semangat tidak ada ekonomi yang tertinggal.

Mendag Agus juga mengungkapkan, Indonesia pun terus berupaya memajukan UMKM dan menegaskan pentingnya kerja sama rantai industri dengan UMKM.

"Melalui kolaborasi dan kerja sama yang erat dengan sektor swasta, pemerintah Indonesia berupaya menjaga keberlanjutanUMKM dengan cara memasukanpemberdayaan UMKM sebagaiprioritas nasional," ungkapnya.


Berita Terkait :