Vaksin Sinovac Tiba di RI, Pemprov Jatim Siapkan 2.404 Vaksinator

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 07/12/2020 18:54 WIB
Vaksin Sinovac Tiba di RI, Pemprov Jatim Siapkan 2.404 Vaksinator Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah menyiapkan 2.404 orang tenaga kesehatan sebagai vaksinator Covid-19. Ribuan vaksinator ini terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang telah mendapatkan pelatihan penyuntikan vaksin Covid-19 dan disebar di 968 Puskesmas di seluruh Jatim.

“Alhamdulillah, semalam vaksin buatan Sinovac sudah sampai di Indonesia. Tentunya kami berharap kedatangan vaksin ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia dan Jawa Timur khususnya,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin 7 Desember 2020.

Khofifah mengatakan jika Pemprov Jatim juga menyiapkan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan vaksin tersebut. Mengingat vaksin harus disimpan di dalam ruangan dengan suhu minus 2 - 8 derajat celcius.

Dari total 1,2 juta dosis vaksin yang telah datang ini, dirinya mengaku belum tahu persis berapa dosis vaksin yang dialokasikan untuk Jatim dari  Pemerintah Pusat. Pengadaan vaksin tersebut akan sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

"Saya sudah kordinasi dengan Pak Terawan Menteri Kesehatan, saat ini sedang dibahas segala sesuatunya  termasuk jumlah yang akan didistribusikan ke Jawa Timur" ujarnya.

Sementara itu untuk tahap awal vaksinasi, Khofifah mengatakan akan memprioritaskan Kabupaten/Kota dengan jumlah penambahan kasus positif tinggi, berisiko tinggi penularan, dan populasi padat. Sedangkan daerah lain yang dinilai relatif rendah akan diberikan secara bertahap dengan pertimbangan jumlah ketersediaan vaksin sesuai ketersediaan.

“Untuk kapan akan dimulai, sepenuhnya menunggu aba-aba pemerintah pusat. Yang pasti dari sisi infrastruktur dan SDM Insya Allah Pemprov  Jatim telah siap. Mudah-mudahan semua berjalan sesuai dengan rencana dan Indonesia bisa bebas dari Pandemi Covid-19,” tukasnya.

 


Berita Terkait :