Perkuat Kerjasama Pelatihan Kerja, Kemnaker Gandeng Pemda

M. Isa | Jum'at, 04/12/2020 15:31 WIB
Perkuat Kerjasama Pelatihan Kerja, Kemnaker Gandeng Pemda Kepala Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Herman (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) tingkat provinsi, Kabupaten/ kota. Hal ini lakukan agar akses program-program pelatihan kerja baik di pusat maupun daerah akan semakin mudah dan terjangkau masyarakat.

Dengan adanya sinergitas yang erat, kata diharapkan berbagai tantangan dan hambatan dalam pelaksanaan program pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja di Balai-balai Latihan Kerja (BLK) agar segera dikomunikasikan untuk memperoleh solusi secara cepat dan tepat.

"Kami yakin dengan adanya keterbukaan komunikasi antara pusat dan daerah, maka program pelatihan, sertifikasi dan penempatan di BLK-BLK  dapat berjalan dengan baik," ujar Kepala Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Herman dalam keterangan persnya Jumat 4 Desember 2020.

Herman menuturkan, ada tiga hal penting agar pelaksanaan pelatihan serta penempatan peserta pelatihan yang difasilitasi pemda dapat berjalan dengan baik. Pertama, peran aktif Pemda yang telah menjadi target kerja sama pelatihan untuk dapat membantu proses pelatihan dan penempatan peserta yang telah dilatih.

"Kedua, koordinasi Pemda dengan dunia usaha, dunia industri lebih ditingkatkan agar dapat memanfaatkan peserta pelatihan yang telah disertifikasi," jelasnya.
 
Terakhir, lanjut Herman, mulai saat ini, Pemda memiliki program-program prioritas terkait kejuruan pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah masing-masing dengan melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan untuk tahun 2021.