Di Tengah Pandemi, Kemendag Terus Jaga Pasar Domestik

M. Isa | Minggu, 29/11/2020 15:53 WIB
Di Tengah Pandemi, Kemendag Terus Jaga Pasar Domestik Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat mengunjungi salah satu pasar di Bali (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COMMenteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menegaskan, di penghujung 2020 ini, Kementerian Perdagangan terus menyusun strategi perdagangan yang lebih untuk tahun mendatang.

Hal itu dilakukan, guna memulihkan perekonomian, Kemendag akan fokus menjaga konsumsi dan pasar di dalam negeri dengan terus bangga dengan buatan Indonesia, serta meningkatkan keterlibatan Indonesia dalam rantai pasok global.

“Penghujung 2020 ini menjadi momentum tepat untuk kita belajar dan bersama-sama menyusun strategi perdagangan yang lebih baik di tahun mendatang. Sebagai negara besar, maka menjaga konsumsi dan pasar di dalam negeri adalah salah satu langkah tepat mendukung pemulihan ekonomi Indonesia. Di sisi lain, keterbukaan dan keterlibatan Indonesia dalam rantai pasok global juga menjadi keharusan,” tegas Mendag Agus Suparmanto dalam keterangan persnya, 28 November 2020.

Mendag Agus melanjutkan, menjaga pasar utama dan terus membuka akses pasar baru di negara- negara nontradisional adalah langkah yang akan terus dilakukan agar produk-produk Indonesia semakin berdaya saing dan mendunia.

“Kita harus dapat mengubah momentum krisis ini menjadi lompatan kesempatan dan kemajuan. Untuk itu, Kemendag telah melakukan pemetaan tantangan dan peluang di sektor perdagangan selama dan pascapandemi Covid-19,” ujar Mendag Agus.