Bantu UMKM, Pemerintah Genjot Daya Beli Masyarakat

Rahmad Novandri | Selasa, 24/11/2020 11:01 WIB
Bantu UMKM, Pemerintah Genjot Daya Beli Masyarakat Presiden Jokowi (foto: humas setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah akan terus mendorong dan memberikan stimulus bagi para pelaku usaha baik kecil maupun besar untuk dapat bergerak di tengah pandemi. Hal itu agar konsumsi rumah tangga dapat meningkat dan mampu menggenjot perekonomian nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas membahas laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyampaikan bahwa upaya tersebut merupakan hal yang paling dibutuhkan saat ini dan harus menjadi fokus perhatian pemerintah.

"Yang paling dibutuhkan saat ini adalah meningkatkan konsumsi rumah tangga dengan mendorong usaha kecil, mikro, menengah, dan besar harus didorong untuk mulai bergerak," ujarnya dilansir dari laman setneg.go.id, Selasa, 24 November 2020.

Realisasi anggaran untuk menjalankan kebijakan tersebut dinilainya sudah berjalan dengan baik. Seperti anggaran yang dialokasikan untuk pemberian bantuan modal kerja bagi pelaku usaha mikro sudah terserap hingga 79 persen.

Sementara bantuan bagi para pekerja terdampak pandemi yang berupa subsidi gaji juga sudah tersalurkan dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari penyerapan realisasi anggaran yang telah mencapai 82 persen.

"Saya kira ini harus terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat," tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Kepala Negara juga meminta jajarannya untuk fokus pada penyediaan lapangan kerja. Karena, di tengah kondisi pandemi saat ini banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya dan membutuhkan lapangan pekerjaan baru untuk memenuhi kebutuhan.

"Berikan perhatian khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja," tandasnya.