Komisi X Minta Kemendikbud Adaptasi Anggaran Baru

Rahmad Novandri | Senin, 16/11/2020 17:15 WIB
Komisi X Minta Kemendikbud Adaptasi Anggaran Baru Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mendapat penyesuaian anggaran yang semula dalam pagu 2020 sebesar Rp75,702 triliun menjadi Rp70,718 triliun. Dengan perubahan anggaran, maka Kemendikbud harus beradaptasi kembali dengan pos anggaran baru.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang memimpin rapat kerja Komisi X dengan Mendikbud Nadiem Makarim, Senin, 16 November 2020 menginginkan agar Kemendikbud memberi penjelasan perubahan program kerja akibat perubahan anggaran dalam APBN 2020 tersebut. Karena hal ini juga bagian dari pengawasan yang dilakukan Komisi X DPR.

“Pagu defenitif anggaran tahun 2020 Kemendikbud RI mengalami perubahan dan penyesuaian. Pagu definitif tahun anggaran 2020 Kemendikbud RI semula Rp75,702 triliun. Setelah ada penyesuaian sebesar Rp4,984 triliun, maka menjadi Rp70,718 triliun. Terkait pemotongan anggaran yang signifikan ini, hampir pasti Kemendikbud RI harus beradaptasi dengan perubahan anggaran," jelas Syaiful.

Pada bagian lain, Syaiful juga mengapresiasi Kemendikbud yang telah melakukan pengadaan kuota pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan tunjangan khusus guru yang menjadi bagian dari relaksasi selama pandemi Covid-19. Selain itu ada juga program beasiswa unggulan untuk 200 orang dan bantuan siswa untuk 135 orang.

Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini menyerukan agar ke depan Kemendikbud RI melaksanakan kebijakan pendidikan sesuai Peta Jalan Pendidikan yang sudah disusun. "Pembangunan pendidikan dibangun berdasarkan peta jalan pendidikan nasional. Ini bagian dari komitmen kami di Komisi X," ucapnya.