KTT ASEAN, Presiden Ajak Jaga Stabilitas Kawasan

M. Isa | Jum'at, 13/11/2020 18:15 WIB
KTT ASEAN, Presiden Ajak Jaga Stabilitas Kawasan Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menyampaikan dampak pandemi masih dirasakan oleh kawasan dan dunia baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi ekonomi. Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers usai pertemuan.

“Tantangan masih besar, namun Presiden terus mengajak kerja sama dan tetap optimis. Presiden menyambut baik deklarasi mengenai Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework dan mendorong agar rencana implementasi harus segera diwujudkan,” ujar Menlu Retno Marsudi dilansir setkabgoid, Jumat 13 November 2020.

Presiden menyampaikan, Dewan Koordinasi ASEAN atau ASEAN Coordination Council dan Badan Sektoral ASEAN harus bekerja cepat dan efisien dan diharapkan TCA ini akan dapat dioperasionalisasikan pada kuartal pertama tahun 2021.

“Selain itu, Presiden menyambut baik penandatanganan RCEP (The Regional Comprehensive Economic Partnership), karena setelah negosiasi selama delapan tahun akhirnya kita bisa menandatangani. Presiden menyampaikan integrasi ekonomi ini harus membawa manfaat bagi rakyat semua negara RCEP,” papar Menlu.

Presiden juga mendorong agar ASEAN terus memainkan peran agar dapat berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.