Tinjau Masjid Istiqlal, Puan: Simbol Persatuan Bangsa

Rahmad Novandri | Selasa, 10/11/2020 20:05 WIB
Tinjau Masjid Istiqlal, Puan: Simbol Persatuan Bangsa Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @Kirani_id)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani meninjau Masjid Istiqlal, Jakarta, setelah direnovasi, Senin, 9 November 2020. Puan diterima langsung Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Prof Nasaruddin Umar.

Usai menjalankan ibadah salat Maghrib, Puan melanjutkan tinjauannya ke sekeliling Kompleks Masjid Istiqlal hingga adzan Isya, didampingi Nasaruddin. Di sela-sela kegiatan itu, Puan mengungkapkan harapannya agar Masjid Istiqlal dapat menjadi pusat ibadah dan dakwah, serta menjadi simbol persatuan.

“Masjid Istiqlal sudah direnovasi, bagus, tinggal pemeliharaannya. Ke depan, selain jadi pusat ibadah dan kajian Islam juga menjadi kawasan wisata religius. Masjid Istiqlal juga harus menjadi simbol perekat persatuan bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Nasaruddin menyampaikan bahwa kedatangan Puan sudah sangat ditunggu untuk melihat langsung kawasan masjid yang baru selesai direnovasi. Saat berbincang di ruang kerja Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin menjelaskan tentang sejarah dan peran Bung Karno dalam pembangunan masjid tersebut, khususnya dari segi pemilihan nama Istiqlal. Keduanya juga membicarakan tentang proses renovasi kawasan masjid, yang saat ini sudah hampir rampung 100 persen.

Selaku Imam Besar Istiqlal, Nasaruddin juga menjelaskan konsep Masjid Istiqlal pascarenovasi. Nantinya kawasan tersebut akan menjadi pusat pendidikan dakwah ulama, baik dari dalam maupun luar negeri.