PKB Yogyakarta Ziarah Makam Pahlawan Nasional

Rahmad Novandri | Selasa, 10/11/2020 18:13 WIB
PKB Yogyakarta Ziarah Makam Pahlawan Nasional Pengurus PKB DIY ziarah makam Pahlawan Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2020. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dalam rangka memperingati hari pahlawan, 10 November 2020, DPW PKB DIY mengadakan ziarah, tabur bunga dan tahlil ke beberapa makam pahlawan nasional yang ada di wilayah DIY.

Makam pertama yang diziarahi adalah Makam Sri Sultan HB I, kemudian Sri Sultan HB IX di Kompleks Makam Raja Imogiri Bantul, kemudian makam KH Ahmad Dahlan di Karangkajen Kota Jogja, dilanjut ke makam HOS Tjokroaminoto di Kuncen Kota Jogja, dan makam Dr Wahidin Sudiro Husodo di Mlati Sleman, Selasa, 10 November 2020.

Usai Ziarah, Sekwil DPW PKB DIY, Umaruddin Masdar menyampaikan bahwa Ziarah makam pahlawan adalah wujud syukur kepada Tuhan karena berkat jasa-jasa para pahlawan, negara Indonesia bisa kokoh berdiri sampai hari ini. Kiai Umar, sapaan akrabnya, berharap nilai-nilai perjuangan para pahlawan menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa.

"Ziarah juga manifestasi bakti kita kepada para pendahulu, dengan harapan nilai-nilai dan perjuangan para pahlawan bisa kita terus aktualisasikan sampai pada kehidupan hari ini," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, menjaga mata rantai nilai-nilai perjuangan dan pemikiran para pahlawan adalah fondasi yang kokoh untuk pembangunan bangsa yang maju dan berkelanjutan. "Hari ini kita bersafari ziarah makam pahlawan. Semoga kita bisa meneladani dan melanjutkan perjuangannya dan kita terus gelorakan spiritnya ke generasi muda. Hal Ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan," tutur Kiai Umar.

Diketahui, safari ziarah makam pahlawan ini dipimpin langsung oleh Rois Syuriah PWNU DIY, KH Mas`ud Masduki. Kegiatan ini juga diikuti oleh sejumlah pengurus PKB DIY.


Berita Terkait :