Hadiri Acara ‘Rindu Rendra’, Gus AMI: Beliau Inspirasi dan Energi Bangsa

Ahmad Zubaidi | Sabtu, 07/11/2020 20:13 WIB
Hadiri Acara ‘Rindu Rendra’, Gus AMI: Beliau Inspirasi dan Energi Bangsa Gus AMI membacakan puisi karya WS Rendra dalam acara bertajuk Rindu Rendra di Jakarta (foto Radarbangsa/AL)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menghadiri forum bertajuk “Rindu Rendra" tahun 2020 yang digelar Komunitas Burung Merak Rendra (KBMR) secara daring, Sabtu, 7 November 2020.

Menurut Gus AMI, WS Rendra adalah seniman dan budayawan yang sudah dikenal luas oleh bangsa Indonesia. Torehan karyanya begitu menginspirasi bagi setiap pembacanya.

“Almarhum saya kira hampir seluruh bangsa ini menjadi pecintanya, mengenal dan mengidolakan bahkan meletakkan beliau sebagai inspirasi dan energi,” kata Gus AMI.

Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari kelahiran almarhum Rendra itu di mata Gus AMI sangat bernilai. Terlebih Indonesia saat ini sedang membutuhkan tambahan semangat di tengah pandemi Covid-19.

“Hari ini kita Rindu Rendra tepat ketika kita sedang mengalami masa-masa sulit. Puisi Rendra di mana kita sedang dikacaukan oleh pandemi yang kita rasakan membuat seluruhnya stagnan, mencari bentuk baru baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan maupun pemerintahan,” tutur Gus AMI.

Wakil Ketua DPR RI itu menambahkan, semangat dan dedikasi nilai-nilai kemanusiaan yang Rendra tuangkan dalam setiap bait puisi bisa menjadi titik pijak Indonesia saat ini dan masa depan.

Maka tak heran jika acara bertajuk Rindu Rendra ini dinilainya sangat tepat digelar malam ini agar semangat itu bisa diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Rindu Rendra yang sudah beliau ajarkan, rindu nilai-nilai yang Rendra dedikasikan kepada bangsa, rindu malam ini adalah menjadikan semangat Rendra sebagai titik pijak mengelola dengan berbagai visi yang dituangkannya dalam berbagai sajak dan puisi,” tutupnya.

Selain Gus AMI, turut hadir pula akademisi Rocky Gerung. Acara juga dikemas bersamaan dengan pengumuman pemenang Lomba Video Baca Puisi Rendra ke II tingkat Nasional tahun 2020.


Berita Terkait :