Marak Begal Sepeda, Korban Diminta Proaktif Lapor Polisi

Ahmad Zubaidi | Rabu, 04/11/2020 05:51 WIB
Marak Begal Sepeda, Korban Diminta Proaktif Lapor Polisi Ilustrasi pengguna sepeda (foto: kemendesagoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana meminta masyarakat proaktif melaporkan aksi kejahatan begal sepeda yang marak terjadi belakangan ini. Menurutnya, kasus yang terjadi sebenarnya lebih banyak, namun tidak terdata karena korbannya enggan melapor

"Saya yakin masih ada masyarakat yang menjadi korban belum melaporkan ke kepolisian. Saya imbau, kepada masyarakat yang jadi korban untuk melaporkan,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 2 November 2020.

Berdasarkan data sementara, tercatat ada 12 laporan polisi terkait begal sepeda dalam kurun September hingga November 2020. Sebanyak enam kasus terungkap dan 10 tersangka telah ditangkap.

Menurut keterangan para pelaku, mereka tidak hanya sekali menjalankan aksi begal sepeda, namun beberapa kali. Sementara, yang melapor baru 12 kasus.

“Karena dari data yang ada, hasil pemeriksaan mereka ini bukan hanya satu kali melakukan pembegalan, tapi mereka beberapa kali,” imbuh Nana.

Nana menambahkan, masyarakat diimbau tidak bersepeda sendirian, tetapi berkelompok dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan physical distancing pada masa pendemi Covid-19.

"Kemudian, hindari bersepeda malam hari. Suasana gelap juga akan memancing pelaku untuk melakukan aksi pembegalan itu," ungkapnya.


Berita Terkait :