Anstisipasi Cuaca di Jabodetabek, BNPB: Siapkan Tim Patroli Gabungan Hingga RT/RW

M. Isa | Minggu, 01/11/2020 16:32 WIB
Anstisipasi Cuaca di Jabodetabek, BNPB: Siapkan Tim Patroli Gabungan Hingga RT/RW Doni Munardo (Ketua Satgas Penanganan COVID-19/Kepala BNPB). (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) Minggu, 1 November 2020.

Berdasarkan dari prakiraan cuaca tersebut, hal itu sekaligus dapat memicu terjadinya bencana alam seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung, angin kencang dan tanah longsor. 

Menyikapi prakiraan cuaca dari BMKG tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta pemangku kebijakan wilayah Jabodetabek untuk melakukan upaya antisipasi dan langkah kesiapsiagaan.

“Infokan ke semua Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Minta mereka teruskan sampai tingkat RT dan RW,” ujar Doni Monardo dalam keterangan persnya, Minggu 1 November 2020.

Doni juga meminta agar masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu mengikuti perkembangan informasi terkini dari pemerintah maupun instansi terkait.

Selain itu, Doni juga meminta pemangku kebijakan tiap-tiap wilayah tersebut dapat menyiapkan tim patroli gabungan, baik untuk antisipasi dan penanganan bencana juga terkait keamanan lingkungan.

"Bagi yang di bantaran sungai ikuti info. Bila meluap agar mengungsi sementara. Siapkan tim patroli gabungan, Hansip dan Pam Lokal untuk antisipasi pencurian bila rumah ditinggal sementara,” kata Doni.


Berita Terkait :