Hari Santri, Ratna Juwita Kunjungi Lembaga Pendidikan Islam dan Gelar Lomba Video

Rahmad Novandri | Kamis, 22/10/2020 19:23 WIB
Hari Santri, Ratna Juwita Kunjungi Lembaga Pendidikan Islam dan Gelar Lomba Video Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Ratna Juwita Sari menyerahkan hadiah lomba video memperingati Hari Santri Nasional di Falehaa Seafood, Tuban, Kamis (22/10). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hari Santri Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN). Penetapan ini dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Menurut anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari, penetapan Hari Santri Nasional tidak lepas dari perjuangan Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) yang didukung penuh oleh Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB).

“Kami sangat bangga dengan ditetapkannya Hari Santri Nasional, sebagai pengingat jasa para santri dalam merebut kemerdekaan. Apa yang menjadi perjuangan PBNU dan DPP PKB telah membuahkan hasil pada 2015 lalu,” tutur Ratna dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 22 Oktober 2020.

Dalam rangka memperingati HSN tahun 2020, Ratna telah melakukan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pesantren, Madrasah Diniyah dan TPQ pada Rabu (14/10) kemarin.

Bertepatan dengan tanggal 22 Oktober 2020, Ratna melakukan kunjungan ke beberapa Lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Tuban yaitu RA Al-Masykuriyah Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kamis (22/10), dan RA Hidayatul Ummah Desa Bringin, Kecamatan Montong di hari yang sama.

“Lembaga-lembaga pendidikan islam yang secara istiqomah mendidik anak-anak usia pra-sekolah sangat berjasa menanamkan jiwa santri sejak dini. Saya sangat mengapresiasi perjuangan mereka dalam melahirkan bibit-bibit santri masa depan,” tuturnya.

Selain itu, istri Ketua Umum KONI Kabupaten Tuban tersebut juga akan menyerahkan hadiah lomba video dalam rangka peringatan HSN 2020.

“Anak-anak muda selalu memiliki cara dan kreativitas yang mengagumkan dalam mengekspresikan diri. Dalam peringatan HSN 2020 ini, kami undang mereka membuat karya video yang spektakuler. Kami akan berikan apresiasi,” ungkapnya.

Penyerahan hadiah lomba pembuatan video tersebut akan diserahkan hari ini di Faleeha Seafood Restaurant, Tuban.


Berita Terkait :