Kepala BNPB: Ketangguhan Masyarakat Bentuk Optimisme Hadapi Bencana

M. Isa | Jum'at, 16/10/2020 20:43 WIB
Kepala BNPB: Ketangguhan Masyarakat Bentuk Optimisme Hadapi Bencana Doni Munardo (Ketua Satgas Penanganan COVID-19/Kepala BNPB). (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)

GARUT, RADARBANGSA.COM.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkapkan bahwa ketangguhan masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi bencana yang kerap kali terjadi di Indonesia, terlebih di tengah pandemi COVID-19.

“Hal yang membuat optimis dalam menghadapi bencana saat ini adalah ketangguhan masyarakat,” ungkap Doni dalam keterangannya saat meninjau lokasi terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis 15 Oktober 2020.

Doni menjelaskan bahwa penanganan bencana di Kabupaten Garut dapat menjadi pelajaran bagi daerah lain, “Ketangguhan masyarakat Kabupaten Garut melalui kesiapsiagaan dalam menghadapi banjir dan tanah longsor dapat menjadi pembelajaran bagi daerah lain,” ujar Doni.

“Hal ini terbukti pada tanggal 11 dan 12 Oktober dini hari masyarakat sudah siaga, dengan saling berbagi informasi mulai dari hulu ke hilir untuk mengantisipasi turunnya air bah, sehingga sewaktu air melanda sejumlah desa, masyarakat sudah berada di tempat-tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah dengan aman,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa satu orang pun dalam peristiwa banjir dan tanah longsor di Kabupaten Garut.

“Tidak ada korban jiwa satu orang pun dalam peristiwa ini. Hal ini berkat kesiapsiagaan masyarakat yang telah terlatih dengan adanya Desa Tangguh Bencana, yang tentunya akan terus kami kembangkan di masa depan,” ujar Rudy.


Berita Terkait :