Hari Pangan Dunia, PBNU: Petani Pahlawan Nyata Penyediaan Pangan

Rahmad Novandri | Jum'at, 16/10/2020 20:35 WIB
Hari Pangan Dunia, PBNU: Petani Pahlawan Nyata Penyediaan Pangan Logo Nahdlatul Ulama. (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Peran petani di dalam negeri dari masa ke masa telah berjasa besar dalam menyediakan pangan nasional. Para petani mampu mewujudkan ketahanan pangan terutama ketika dunia, termasuk bangsa Indonesia terpuruk akibat wabah virus corona (COVID-19).

Sebab itu, menurut Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), HM. Maksum Machfoedz, petani di dalam negeri tidak boleh lagi dianaktirikan sehingga nasibnya jauh dari kesejahteraan sejak zaman kemerdekaan. Padahal, peran mereka nyata-nyata memakmurkan negeri.

“Intinya petani adalah the real heroes (pahlawan nyata) dalam penyediaan pangan nasional, khususnya selama pandemi ini. Karena itu, petani tidak boleh lagi dianaktirikan dalam pembangunan perekonomian nasional,” tegas Maksum Machfoedz dilansir dari nu.or.id, Jumat, 16 Oktober 2020.

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta yang juga Guru Besar Sosial Ekonomi Industri Pertanian UGM itu menegaskan, di saat perekonomian lintas sektoral terpuruk di tengah pandemi COVID-19, pertanian di pedesaan merupakan satu-satunya sektor yang tetap tumbuh.

“Sudah saatnya untuk para penyelenggara negara di tingkat mana pun untuk sadar karena selama ini menganaktirikan petani. Mereka (pemerintah) harus bersegera kembali ke pedesaan dan pertanian,” ujar Maksum.

Ia menyatakan, untuk kesekian kalinya, fakta di lapangan membuktikan bahwa jutaan petani di pedesaan pantas memperoleh apresiasi memadai. Menurutnya, semenjak tanam paksa, etiesche politiek, masa revolusi kemerdekaan, zaman HO, hingga krisis ekonomi mutakhir 1997, 2013, sampai 2020, petani yang selama ini dianggap sebagai investor gurem selalu menjadi juara di tengah krisis.

“Para petani menyelamatkan keluarga, desa, bahkan menyelamatkan negara dalam urusan krisis ekonomi yang super akut,” ucapnya.


Berita Terkait :