ASEAN dan Inggris Sepakati Pentingnya Multilateralisme untuk Akses Vaksin

M. Isa | Rabu, 30/09/2020 22:59 WIB
ASEAN dan Inggris Sepakati Pentingnya Multilateralisme untuk Akses Vaksin Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Kemlu_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menghadiri pertemuan virtual Open Ended Troika Virtual Meeting between ASEAN Foreign Ministers and the Foreign Secretary of the United Kingdom on COVID-19, dengan Menlu Inggris, Dominic Rabb, Rabu 30 September 2020.

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno menekankan pentingnya ASEAN dan Inggris untuk mempromosikan vaksin multilateral yang terjangkau. 

“Penting bagi ASEAN dan Inggris untuk terus mempromosikan vaksin multilateral yang menjamin akses setara terhadap vaksin dan harga yang terjangkau, terutama pada saat pandemi”, kata Menlu Retno dalam keterangan persnya melalui kemlugoid.

Sependapat dengan Menlu RI, Dominic Raab, sampaikan komitmen Inggris dalam meningkatkan kerja sama riset dan pengembangan vaksin Astra Zeneca dengan Indonesia, Vietnam dan Thailand, Inggris juga sampaikan komitmen kontribusi untuk COVID-19 Response Fund senilai 1 juta GBP.

Selain itu, Inggris juga akan memberikan bantuan teknis kepada Sekretariat ASEAN sebesar 0,5 juta poundsterling, dana bantuan capacity building sebesar 4,8 juta poundsterling untuk penguatan kapasitas system kesehatan di Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam, dan bantuan senilai 0,2 juta pondsterling untuk mendukung penguatan kapasitas AHA Centre.

Menlu RI mengapresiasi komitmen Inggris tersebut dan mengharapkan agar kerja sama juga diarahkan pada penguatan tata kelola kesehatan global. 

 


Berita Terkait :