Sarbumusi Komitmen Kawal RUU Cipta Kerja, Utamakan Kesejahteraan Pekerja

Rahmad Novandri | Minggu, 27/09/2020 19:45 WIB
Sarbumusi Komitmen Kawal RUU Cipta Kerja, Utamakan Kesejahteraan Pekerja Syaiful Bahri Anshori (Presiden Sarbumusi NU). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) H Syaiful Bahri Anshori mengungkapkan bahwa Sarbumusi berkomitmen untuk mengawal RUU Cipta Kerja. Disampaikannya, pihaknya telah membentuk dewan presidium bersama serikat pekerja lain.

"Kami telah membentuk dewan presidium bersama serikat pekerja lain. Tujuannya untuk mengawal RUU Cipta Kerja agar sesuai dengan harapan para pekerja buruh," kata Syaiful dilansir dari nu.or.id, Minggu, 27 September 2020.

Dalam sambutannya saat acara `Gebyar Harlah Sarbumusi ke65` pada Jumat, 25 September 2020 lalu, Syaiful mengaku telah menemui pihak eksekutif dan legislatif untuk menyampaikan draf usulan ke pemerintah. "Kemudian, kami akan menyiapkan langkah litigasi jika pemerintah dan DPR tidak mengakomodasi usulan serikat pekerja atau serikat buruh ini," ujarnya.

Syaiful menjelaskan bahwa Sarbumusi juga sudah menempatkan diri pada lembaga keterwakilan hubungan industrial. Antara lain Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartite Nasional, Komite Pengawasan Ketenagakerjaan, dan Dewan K3 Nasional.

Tak hanya itu, Syaiful juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mengawal sejumlah program pemerintah agar tepat sasaran. Beberapa program itu adalah yang berkenaan dengan upaya pemerintah dalam memberikan kesejahteraan bagi para buruh atau pekerja di Indonesia. Terutama program-program pemerintah yang dikucurkan di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Salah satu upaya pemerintah meringankan dampak Covid-19 adalah dengan adanya subsidi upah, kemudian ada juga kartu prakerja. Tak hanya itu, program tenaga kerja mandiri bagi pekerja terdampak Covid-19, juga sangat membantu para pekerja," tutur Anggota Komisi I DPR RI itu.

Selain itu ada insentif pajak, relaksasi pembayaran BPJS Tenaga Kerja, bantuan sosial langsung, dan memberikan fasilitas program padat karya tunai. Dengan demikian, Syaiful menegaskan, Sarbumusi akan tetap mengawal program pemerintah agar tepat sasaran.

Kemudian, Syaiful mengungkapkan bahwa Sarbumusi telah berhasil berevolusi menjadi salah satu konfederasi terbesar keempat di Indonesia. Tahun ini, merupakan momentum untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh buruh.

"Sarbumusi adalah satu-satunya serikat buruh yang konsisten dalam menjaga nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan, serta kebangsaan. Terutama membentengi diri dari pengaruh ideologi lain," jelasnya.

Pihaknya mengaku optimis Konfederasi Sarbumusi ke depan akan kembali menjadi serikat buruh terbesar di Indonesia. "Kemudian akan menjadi kelompok buruh yang akan disegani oleh dunia internasional," pungkasnya.


Berita Terkait :