Menlu Ajak Negara-negara di Dunia Perkuat Multilateral di Tengah Pandemi

Ahmad Zubaidi | Rabu, 23/09/2020 14:11 WIB
Menlu Ajak Negara-negara di Dunia Perkuat Multilateral di Tengah Pandemi Menlu Retno Marsudi sampaikan pidato singkat di depan sidang PBB (foto IG @kemlu_ri)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengajak negara-negara di dunia untuk mengeratkan kerja sama multilateral di tengah pandemi.

Hal itu dia utarakan saat menyampaikan pidato singkat pada pertemuan Tingkat Tinggi memperingati 75 Tahun berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa, 22 September 2020.

Retno menegaskan bahwa saat ini dunia berada di masa saat ekspektasi terhadap PBB semakin meningkat untuk dapat memperkuat kepemimpinan global dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas.

Kerja sama multilateral harus dipererat sehingga tidak ada satu negara pun yang tertinggal. "Tanpa multilateralisme, yang perkasa mengambil semuanya," tegas Menlu Retno.

Sebagai solusi, Menlu Retno menawarkan dua hal penting. Pertama, PBB harus memberikan dampak nyata dan tidak terjebak pada retorika terutama dalam upaya menjamin dan memfasilitasi akses kebutuhan vaksin dan obat-obatan yang terjangkau bagi semua dan penciptaan ketahanan ekonomi global serta penguatan sistem kesehatan global.

“Kedua, PBB harus tetap relevan dan dapat mengantisipasi tantangan mendatang,” tukas dia.


Berita Terkait :