Indonesia Komitmen Tingkatkan Inovasi Kesehatan Dalam Penanganan COVID-19

M. Isa | Jum'at, 11/09/2020 22:06 WIB
Indonesia Komitmen Tingkatkan Inovasi Kesehatan Dalam Penanganan COVID-19 Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (foto: kemkesgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berpartisipasi dalam WHO South East Asia Regional Committee Meeting Ke-73 yang digelar secara daring pada tanggal 9-10 September 2020. Pertemuan tersebut, dipimpin oleh Menteri Kesehatan Thailand dan turut dihadiri 11 negara anggota SEARO.

Dalam laporan yang disampaikan Direktur Regional World Health Organization South-East Asia Region (WHO SEARO) Poonam Khetapral Singh, pihaknya mengapreasiasi langkah Indonesia atas upayanya mengembangkan perencanaan mitigasi risiko yang fokus pada ketersediaan obat dan alat kesehatan lainnya.

Merespon hal tersebut, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto melalui video singkatnya mengungkapkan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Ia menjabarkan, perencanaan tersebut sebagai upaya kolektif Indonesia untuk mencapai 3 (tiga) target global yakni The Triple Billion targets, Universal Health Coverage (UHC), dan SDG Goal 3, yang mana pelaksanaan ketiganya pasti akan terganggu oleh pandemi COVID-19 manakala tidak segera ditemukan solusi yang tepat.

“Untuk mencapai ketiganya, kita terus berkomitmen memperkuat kapasitas sistem kesehatan sekarang dan di masa depan. Ini sebagai kontribusi kami untuk mencapai target global,” kata Menkes.

Menurut Terawan, penguatan sistem kesehatan harus berjalan beriringan dengan penguatan sumber daya kesehatan yang berkualitas. Untuk itu, Indonesia saat ini tengah meningkatkan jumlah SDM kesehatan yang berkualitas, memperluas distribusi tenaga kesehatan di pedesaan dan daerah yang sulit dijangkau melalui berbagai intervensi serta menjalin kerjasama dengan Australia dalam hal mengintegrasikan pelayanan kesehatan mata pada Cakupan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage/UHC).