Peringati Haornas 2020, Ketua DPR Minta Pemerintah Jamin Masa Depan Atlet

Rahmad Novandri | Rabu, 09/09/2020 17:25 WIB
Peringati Haornas 2020, Ketua DPR Minta Pemerintah Jamin Masa Depan Atlet Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap 9 September harus menjadi momentum Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pada atlet dan mantan atlet. Menurutnya, pengorbanan seorang atlet selama bertahun-tahun untuk berlatih, bertanding, hingga mengukir prestasi demi kejayaan Indonesia di berbagai kompetisi olahraga patut diapresiasi.

“Masa muda seorang atlet dihabiskan untuk berlatih dan berjuang demi kejayaan Tanah Air. Pemerintah pusat maupun daerah mesti bertanggung jawab untuk memperhatikan masa depan para atlet tersebut,” kata Puan saat memberikan tanggapan terkait Haornas 2020 di Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

Adapun Tema Haornas 2020 yang diusung Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism. Puan menegaskan, DPR RI melalui fungsi legislasinya berkomitmen mendukung pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN).

Dia berharap revisi UU tersebut akan meningkatkan sistem pembinaan atlet, serta penghargaan dan kesejahteraan bagi para atlet. “Pemerintah harus hadir, bertanggung jawab atas masa depan atlet, dan fasilitas olahraga masyarakat,” ujarnya.

Politisi PDI-Perjuangan itu mengingatkan, harus ada upaya komprehensif dari Pemerintah untuk mewujudkan Sport Tourism di Indonesia. Thailand bisa menjadi contoh dalam mengelola Sport Tourism secara menyeluruh. Diketahui, pada tahun 2018, pendapatan Thailand dari industri olahraga, termasuk pariwisata dan pakaian olahraga, mencapai 6,37 miliar dollar AS. Pengembangan industri olahraga Thailand adalah bagian dari rencana pembangunan nasional negara tersebut.

“Jika Pemerintah Indonesia serius memajukan Sport Tourism, maka bisa belajar dari negara tetangga yang terbukti berhasil meraup pendapatan besar dari sektor tersebut,” paparnya.

Selain itu, merespon tingginya minat dan semangat masyarakat Indonesia untuk berolahraga dan menjaga pola hidup sehat di tengah pandemi COVID-19, Puan meminta Pemerintah memfasilitasi sarana berolahraga yang memadai, aman, dan nyaman. “Melonjaknya aktivitas olahraga di masyarakat tak lepas dari upaya meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari COVID-19. Karena itu, penyediaan dan perawatan fasilitas olahraga untuk masyarakat, serta pembinaan atlet, dapat terpenuhi jika ada kecermatan dalam penggunaan anggaran olahraga,” tuturnya.