Ingatkan Masyarakat Lebih Disiplin, Gus Mus: COVID-19 Persoalan bersama

Rahmad Novandri | Kamis, 03/09/2020 20:06 WIB
Ingatkan Masyarakat Lebih Disiplin, Gus Mus: COVID-19 Persoalan bersama KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus). (Foto: IG @alamudin_dr)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tokoh Agama, KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) mendorong masyarakat agar lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal itu karena angka kasus harian COVID-19 terus meningkat.

“Dalam kesempatan ini saya ingin mengingatkan dan menegaskan kepada saudara-saudara saya di mana pun berada. Marilah kita tepati protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin-rajin mencuci tangan (pakai sabun dengan air mengalir),” kata Gus Mus saat pertemuan daring yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mendoakan 100 dokter yang meninggal karena terpapar COVID-19, Rabu, 2 September 2020.

Menurutnya, dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, kita membantu virus ini tidak terus menjalar ke sana ke mari. “Di sini diobati dan ditangani, kemudian merebak ke sana karena di sana tidak mematuhi protokol dan disiplin medis,” jelasnya.

Mustasyar PBNU ini menyatakan kesedihan dan keprihatinan mendalamnya atas gugurnya dokter dan tenaga medis dalam menangani COVID-19. Ia menegaskan bahwa pandemi COVID-19 merupakan persoalan kemanusiaan yang membutuhkan kerja sama seluruh kalangan untuk melawan dan membasminya.

“Kesedihan mendalam terhadap para pejuang pandemi ini, lebih mengingatkan kepada kita bahwa melawan pandemi ini adalah persoalan kemanusiaan, artinya persoalan kita bersama. Bukan hanya persoalannya para dokter, bukan hanya persoalan tenaga medis, tetapi persoalan kita semua. Karena virus ini menimpa kita semua,” ungkap Gus Mus.

Sementara itu, angka kasus positif COVID-19 di Indonesia sampai hari ini telah mencapai 184.268. Bahkan, sejumlah Provinsi masih berjuang untuk mengatasi tingginya angka kasus positif.


Berita Terkait :