Cegah Covid-19, Mahasiswa UMM Gelar Penyuluhan Door to Door di Sampang

Ahmad Zubaidi | Kamis, 27/08/2020 09:34 WIB
Cegah Covid-19, Mahasiswa UMM Gelar Penyuluhan Door to Door di Sampang Mahasiswa UMM menggelar penyuluhan kebiasaan baru dengan cara door to door di Sampang (foto istimewa)

SAMPANG, RADARBANGSA.COM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang tergabung dalam Kelompok 15 menggelar penyuluhan kebiasaan baru atau new normal dengan cara door to door di Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa, 25 Agustus 2020.

Koordinator Kelompok 15 PMM-UMM, Farah Islahul Amalia menyatakan, kegiatan itu sengaja dilakukan dengan cara door to door untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Menurut Iftitah, program PMM ini merupakan kegiatan pengganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM.

"Saya dan tim merencanakan kegiatan ini semata-mata hanya ingin memberikan kesadaran pada masyarakat kelurahan Gunung sekar untuk menyikapi kondisi yang sekarang dengan penerapan new normal. Agar masyarakat yang melakukan aktivitas diluar rumah sadar tentang pentingnya kesehatan diri kita sendiri untuk melindungi orang-orang yang di rumahnya seperti anak-anaknya,” ujar Iftitah dalam keterangannya, Kamis, 26 Agustus 2020.

PMM Bhaktimu Negeri UMM kelurahan Gunung sekar tidak hanya memberikan penyuluhan tentang cara menyikapi kebiasan baru atau new normal, tetapi juga memberikan sebagian dari langkah pencegahan Covid-19 seperti masker, handsanitizer, vitamin, dan jamu yang dinilai dapat menjaga sistem imun dalam tubuh.

“Pemberian paket cegah COVID-19 ini bukan tanpa alasan, mengingat kota Sampang yang kasus COVID-19 setiap hari makin meningkat. Harapan saya dan tim saya dengan pemberian paket cegah COVID-19 ini dapat membantu kesadaran masyarakat terhadap penyakit,” paparnya.

Konsep door to door dipilih, lanjutnya, agar warga semakin mengerti mengenai pencegahan Covid-19 dalam masa adaptasi kebiasaan baru, dan juga sangat diharapkan agar dapat menghindari kerumunan yang sangat tidak disarankan oleh pemerintah serta berguna juga dalam terjalinnya kedekatan secara emosional. Sehingga penyuluhan secara door to door ini dapat membantu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kelompok 15 PMM – UMM Periode 06 diikuti oleh 3 mahasiswa lainnya, yaitu Iftitah Rahmawati Syafriningrum, Ahmad Ridho Siddiq dan Hoirul Umam.


Berita Terkait :