Adaptasi Kebiasaan Baru, Kemnaker Latih 128 Warga Aceh Tamiang

M. Isa | Rabu, 12/08/2020 20:08 WIB
Adaptasi Kebiasaan Baru, Kemnaker Latih 128 Warga Aceh Tamiang Sebanyak 128 warga Aceh Tamiang mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi melalui Skill Development Center (SDC) foto: kemnakergoid
JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Di masa adaptasi kebiasaan baru, Kementerian Ketenagakerjaan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh kembali mengembangkan keterampilan masyarakatnya. Kali ini, sebanyak 128 warga Aceh Tamiang mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi melalui Skill Development Center (SDC).
 
Kepala BLK Banda Aceh, Teguh Sulistiyono, mengatakan tujuan digelarnya SDC yakni untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, dan etos kerja peserta pelatihan pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.
 
“Sasaran dari pelatihan hingga siap kerja ini adalah para pencari kerja (pencaker) dan disabilitas di lingkungan Aceh Tamiang, dengan tujuan penciptaan wirausaha baru dan hubungan kerja," kata Teguh dilansir kemnakergoid, Rabu 12 Agustus 2020.
 
Teguh menyatakan, SDC yang merupakan jalinan kerja sama BLK Banda Aceh, Pemda Aceh Tamiang, Pertamina Rantau, dan LSM Boemi, akan melaksanakan 8 paket pelatihan. Kedelapan paket pelatihan tersebut terbagi dalam program servis sepeda motor dan las fabrikasi  (masing-masing 2 paket) dan program practical officecustomer service, pengolah hasil pertanian dan menjahit dengan mesin masing-masing 1 paket.
 
"Diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan mampu meningkatkan keterampilan dan keahlian sesuai jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan," kata Teguh.