Sosialisasi Program Gemarikan, Farida Hidayati: Ikan Bisa Perkuat Imun Tubuh

Rahmad Novandri | Kamis, 06/08/2020 18:00 WIB
Sosialisasi Program Gemarikan, Farida Hidayati: Ikan Bisa Perkuat Imun Tubuh Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB Farida Hidayati foto bersama dengan masyarakat usai menyerahkan paket olahan ikan secara simbolis di acara Safari Gemarikan di Kabupaten Bojonegoro, Kamis (6/8). (Foto: istimewa)

BOJONEGORO, RADARBANGSA.COM - Salah satu kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia adalah lautnya yang luas mengelilingi wilayah nusantara. Memiliki laut yang luas, hasil ikan Indonesia pun juga berlimpah bahkan sampai di ekspor ke luar negeri.

Namun, ditengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan sejumlah negara di dunia membuat industri perikanan dan kelautan turut merasakan kesulitan, baik produksi perikanan maupun pendistribusian. Untuk itu, DPR RI dan Pemerintah berupaya memulihkan kondisi perekonomian di sektor perikanan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat seperti nelayan hingga pekerja industri terdampak COVID-19.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Farida Hidayati mengatakan, DPR dan pemerintah berupaya membantu pihak terdampak COVID-19 dengan program stimulus seperti Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Ia mengapresiasi program tersebut karena selain membantu meningkatkan perekonomian para nelayan, juga asupan gizi ikan sangat penting untuk pertumbuhan anak.

"Saya pribadi sebagai anggota komisi IV DPR RI yang bermitra dengan KKP sangat mengapresiasi sekali dan sangat mendukung program-program yang dijalankan oleh pemerintah dalam penanganan COVID-19 ini pada sektor perikanan dan kelautan. Terlebih program stimulus pemulihan seperti perluasan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan yang dikampanyekan KKP ke berbagai daerah di Indonesia, yang bertujuan untuk membantu tumbuh kembang masyarakat khususnya tumbuh kembang pada anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa menjadi cerdas dan sehat," kata Farida dalam sambutannya di acara `Safari Gemarikan` di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis, 6 Agustus 2020.

Menurut Farida, ditengah pandemi ini sangat penting untuk memperkuat imun tubuh. Salah satu makanan yang bisa memperkuat imun tubuh adalah ikan dengan kandungan gizinya yang sangat banyak.

"Sekali lagi saya sangat mengapresiasi sekaligus berharap semoga dengan program ini juga bisa meningkatkan kekebalan (imun) tubuh dengan cara mengkonsumsi ikan serta mampu mempertahankan perekonomian masyarakat khususnya pelaku usaha perikanan dikarenakan daya beli yang menurun selama masa pandemi ini," tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat seperti Ibu-ibu hamil, anak-anak SD, hingga Penyandang Disabilitas dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Usai penyerahan paket secara simbolis, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian paket olahan ikan kepada Penyandang Disabilitas di Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Bojonegoro.