MUI Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Saat Idul Adha

M. Isa | Rabu, 29/07/2020 15:45 WIB
MUI Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Saat Idul Adha

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni`am Sholeh mengimbau umat muslim di Indonesia untuk tetap menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama dari COVID-19, dalam menunaikan ibadah Idul Adha 1441 H.

“Hindari kerumunan yang punya potensi untuk terjadinya penularan. Apalagi tidak disiplin menggunakan masker, menjaga jarak yang bisa menjadi masalah dalam hal kesehatan dan juga keselamatan,” tegas Asrorun di Jakarta, Selasa 28 Juli 2020 kemarin.

Mulai dari pelaksanaan shalat Idul Adha, Asrorun juga menghimbau masyarakat untuk tetap menyesuaikan kondisi faktual di kawasannya. Dalam hal ini penting bagi masyarakat untuk mengetahui risiko penularan di wilayahnya.

“Ketika kita berada di suatu kawasan yang sudah mulai terkendali, maka pelaksanaan shalat Idul Adha dapat dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Tetapi harus tetap istiqomah menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, kemudian wudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak,” tutur Asrorun.

Lain halnya jika kawasan tempat tinggal termasuk pada kategori penularan tinggi, Asrorun menghimbau masyarakat sebaiknya melaksanakan shalat Idul Adha tetap di rumah.


Berita Terkait :