Diprediksi Beredar Awal 2021, Kemenkes Siapkan Anggaran Imunisasi Vaksin Corona

Ahmad Zubaidi | Rabu, 22/07/2020 11:51 WIB
Diprediksi Beredar Awal 2021, Kemenkes Siapkan Anggaran Imunisasi Vaksin Corona Ilustrasi vaksin dan alat suntik (dok @aladokter)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyiapkan personel tenaga medis untuk melakukan imunisasi vaksin corona atau Covid-19. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengalokasikan anggaran untuk ketersediaan vaksin corona yang akan mulai beredar di Indonesia pada awal 2021.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai menghadiri ratas dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.

“Kementerian Kesehatan menyiapkan personel untuk melakukan imunisasinya dan juga menyiapkan penganggarannya,” kata Terawan Agus Putranto.

Khusus untuk pengucuran dana bagi ketersediaan vaksin corona, Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya akan membahasnya dengan Kementerian Keuangan. Ia sangat mengharapkan Kementerian Keuangan menyetujui rencana anggaran untuk vaksin corona.

“Itu kami akan bahas bersama dengan Kementerian Keuangan dan mudah-mudahan semua berjalan lancar dan diridhoi oleh Tuhan yang Maha Esa,” ujar Terawan Agus Putranto.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan vaksin corona atau Covid-19 akan mulai beredar di Indonesia pada awal tahun 2021. Karena BUMN Farmasi Bio Farma akan mulai memproduksi vaksin corona pada Januari 2021 dengan kapasitas maksimal 250 juta dosis.