Viral Mobil Wapres Isi Bensin Ketengan, Begini Faktanya

Ahmad Zubaidi | Senin, 13/07/2020 09:21 WIB
Viral Mobil Wapres Isi Bensin Ketengan, Begini Faktanya Tangkapan layar mobil dinas Wapres, KH. Maruf Amin saat diisi bensin ketengan (foto WAG)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kesekretariatan Wakil Presiden RI memberikan klarifikasi atas beredarnya video soal mobil kepresidenan jenis Mercedes Benz S600 yang mengisi bensin jeriken di jalanan saat mengantar Wapres KH Ma`ruf Amin kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohammad Oemar menjelaskan rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020.

Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi alias bukan kendaraan yang sedang dipakai oleh wapres.

"Kendaraan cadangan dalam rangkaian resmi. Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," kata Oemar dalam keterangan tertulisnya.

Dijelaskannya, dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

"Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan," pungkasnya.

Rekaman pengisian BBM lewat jeriken itu sendiri memang sedang viral di media sosial dan aplikasi layanan pesan pribadi. Termasuk ke grup-grup percakapan yang diisi oleh para politisi.

"Mobil kepresidenan kehabisan bensin dan beli ketengan pinggir jalan. (Ramai di WAG)," demikian bunyi pesan yang menyertai video itu.


Berita Terkait :