Digandrungi, Pemerintah Ingin Komponen Sepeda 100% Produk Indonesia

Ahmad Zubaidi | Senin, 13/07/2020 08:52 WIB
Digandrungi, Pemerintah Ingin Komponen Sepeda 100% Produk Indonesia Ilustrasi pengguna sepeda (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Potensi pasar domestik untuk industri sepeda yang sangat besar sehingga peluang bisnisnya juga masih terbuka lebar, membuat pemerintah mendorong tumbuhnya produsen komponen untuk mengoptimalkan penggunaan produk lokal dalam mata rantai produksi sepeda.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menilai tren penggunaan dan penjualan sepeda lagi naik. Kenaikan ini tidak akan sebentar, dan kalaupun COVID-19 sudah selesai, naik sepeda sudah jadi lifestyle, sehingga demand-nya dalam jangka menengah tidak akan menurun, bahkan masih akan naik.

Ia menegaskan, untuk memacu daya saing industri sepeda di tanah air, pihaknhya akan melakukan pembicaraan dengan beberapa prinsipal sepeda serta mengkaji penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). “

"Kami ingin nantinya sepeda yang dipakai masyarakat Indonesia adalah 100 persen produksi industri di Indonesia,” katanya belum lama ini.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier menegaskan, pihaknya tengah memacu penguatan rantai suplai bagi industri sepeda di dalam negeri. Selama ini rata-rata penggunaan komponen dalam negeri telah mencapai 40 persen.

Industri sepeda di dalam negeri, lanjut ia, perlu memanfaatkan teknologi terkini sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan mampu menghasilkan produk berkualitas dengan lebih efisien.

“Bagian yang saat ini perlu didukung terutama penerapan teknologi nano untuk bahan rangka sepeda yang terbuat dari carbon karena secara material lebih ringan. Industri ini yang harus dibangun di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan para produsen. Selain itu, rata-rata komponen lain sudah bisa dibuat di dalam negeri,” tuturnya.


Berita Terkait :