Wapres Maruf Amin Sebut Jawa Barat Miliki Potensi Kembangkan Industri Halal

Rahmad Novandri | Kamis, 02/07/2020 22:04 WIB
Wapres Maruf Amin Sebut Jawa Barat Miliki Potensi Kembangkan Industri Halal KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin menilai Provinsi Jawa Barat (Jabar) bisa menjadi tempat pengembangan industri halal. Menurutnya, Jabar memiliki semua aspek untuk mengembangkan potensi tersebut.

Kiai Ma`ruf mengungkapkan, beberapa daerah di Jabar memiliki infrastruktur yang memadai. Misalnya dekat dengan Pelabuhan, Bandara hingga terhubung dengan akses jalan tol.

"Saya melihat di Jawa Barat ada daerah-daerah yang patut dijadikan kawasan ini yang punya fasilitas dekat dengan pelabuhan udara, akses jalan tol, pelabuhan laut, pasokan listrik, jaringan telekomunikasi," kata Kiai Ma`ruf di Jakarta, Kamis, 2 Juli 2020.

Saat ini, terang Kiai Ma`ruf, yang perlu dilakukan adalah bagaimana mencari tenaga kerja yang terampil. Selain memang ketersediaan lahan juga menjadi hal yang krusial dalam pembangunan industri halal.

"Ketersediaan pekerja yang terampilnya juga dan sangat penting ketersediaan lahan," ujarnya.

Terkait ketersediaan lahan, dirinya meminta Menteri BUMN untuk menyediakannya. "Saya lihat Pak Menteri BUMN ini yang paling kaya punya banyak lahan di mana-mana," ucapnya.

Kiai Ma`ruf juga meminta kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencari investor sebanyak-banyaknya untuk pengembangan industri halal. Sementara terkait surat keterangan pengembangan kawasan industri halal ini akan diberikan oleh Menteri Perindustrian.

"Kemudian mungkin Menteri BKPM sebab penanaman modalnya ada di BKPM. Itulah saya kira kenapa hari ini saya undang Menteri BKPM, Menperin, dan Menteri BUMN dan juga Gubernur Jawa Barat," tuturnya.