Ke Banyuwangi, Jokowi Cek Kesiapan Tatanan Baru Sektor Pariwisata

Ahmad Zubaidi | Kamis, 25/06/2020 21:09 WIB
Ke Banyuwangi, Jokowi Cek Kesiapan Tatanan Baru Sektor Pariwisata Presiden Jokowi tiba di Banyuwanfi disambut langsung oleh Bupati Abdullah Azwar Anas (foto banyuwangigoid)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo mengecek kesiapan tatanan baru di sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi sebelum nantinya benar-benar dibuka.

Kedatangan orang nomor wahid di Indonesia itu disambut langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Dia melihat skema pelayanan New Normal atau tatanan baru di bandara berkonsep arsitektur hijau pertama di Indonesia.

Jokowi lalu meninjau Vila Solong yang menghadirkan rumah-rumah khas Suku Osing dengan lansekap indah berlatar Selat Bali.

Presiden juga sempat melihat Hotel Dialoog yang memadukan modernitas dan lokalitas di bibir pantai tak jauh dari Vila Solong. Dia mengapresiasi pengembangan pariwisata di Banyuwangi yang memberdayakan masyarakat.

“Hari ini saya melihat persiapan Banyuwangi menyiapkan menuju tataanan baru pariwisata. Saya lihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah paling siap menyiapkan menuju prakondisi, menuju normal baru,” kata Jokowi, Kamis, 25 Juni 2020.

Jokowi meminta seluruh stakholder bersatu-padu memajukan sekaligus melestarikan potensi wisata di Banyuwangi. “Peran pemerintah daerah, peran masyarakat, saya lihat di sini partisipasinya bagus sekali,” ujarnya.

Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menkes Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

Nampak pula mendampinginya Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah, Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran.