New Spirit, Mendag Agus Suparmanto Optimis Indonesia Lalui Pandemi Covid-19

M. Isa | Kamis, 11/06/2020 21:56 WIB
New Spirit, Mendag Agus Suparmanto Optimis Indonesia Lalui Pandemi Covid-19 Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat memberikan keterangan pers usai mengunjungi ACE Selasa 9 Juni 2020 (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menyampaikan rasa optimisnya untuk dapat melalui pandemi Covid-19.

Optimisme ini disampaikan dengan ajakan untuk menjalankan ‘new normal, new spirit’ atau menjalankan tatanan kehidupan baru dengan semangat baru.

“Saya yakin dan optimis dapat melewati Covid-19 dengan baik, yaitu dengan menjalankan new normal dengan new spirit,” kata Mendag Agus Suparmanto dalam konferensi virtualnya, Kamis 11 Juni 2020.

Menurut Agus, saat ini, kegiatan perdagangan juga sudah mulai dibuka secara bertahap untuk mengaktifkan kembali roda perekonomian, “Pembukaan kembali aktivitas perdagangan ini harus diikuti dengan kepatuhan dan kesadaran yang tinggi dari seluruh pihak dalam menjalankan protokol kesehatan,” ungkap.

Salah satu langkah yang diambil Mendag Agus untuk beradaptasi dengan new normal yaitu dengan melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Perdagangan.

“Tujuannya untuk mendorong efisiensi, meningkatkan kecepatan pelayanan publik, serta meningkatkan kinerja Kemendag dan penyegaran organisasi dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 agar cepat beradaptasi  dalam menjalankan new normal,” jelasnya.

Untuk menjaga pertumbuhan ekspor di tengah pandemi, Mendag menyampaikan bahwa Kemendag bekerja sama dengan kementerian-kementerian lain memberikan berbagai stimulus kepada para pelaku usaha, terutama kepada industri.

“Peningkatan ekspor kita kini telah mulai membaik dan menuju ke arah positif. Pertumbuhan indeks manajer pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) Indonesia yang pada Februari lalu sebesar 50 persen turun hingga April menjadi 27,61 persen, kini telah mulai rebound. Mei lalu PMI kita menjadi sebesar 28 persen,” ujar Mendag.


Berita Terkait :