Legislator PKB Minta PLN Transparan Soal Kenaikan Tiba-tiba Tagihan Listrik Masyarakat

Rahmad Novandri | Selasa, 09/06/2020 21:01 WIB
Legislator PKB Minta PLN Transparan Soal Kenaikan Tiba-tiba Tagihan Listrik Masyarakat Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI memastikan akan meminta penjelasan pada Direktur PLN Zulkifli Zaini dan Menteri ESDM Arifin Tasrif terkait kenaikan tagihan listrik masyarakat yang naik signifikan secara tiba-tiba. Anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ratna Juwita Sari menyayangkan hal itu karena terjadi disaat wabah COVID-19 melanda Indonesia.

"Saat ini kami sedang reses. Tapi saat masa reses berakhir kami meminta Dirut PLN dan Menteri ESDM untuk memberikan penjelasan terkait hal ini. Utamanya, transparan TDL yang digunakan PLN per April," kata Ratna dikutip dari kedaipena.com, Selasa, 9 Juni 2020.

Diakuinya, sebenarnya keluhan terkait kenaikan tagihan listrik yang terjadi signifikan ini telah bergulir sejak April lalu. Bahkan, Ratna telah menyampaikan keluhan masyarakat saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) secara virtual dengan PLN.

"Ini tidak boleh diabaikan, PLN harus transparan. Kalau memang reasoningnya karena penggunaan daya yang meningkat selama masa Work From Home (WFH) sampaikan secara resmi pada masyarakat," ujarnya.

Ratna menegaskan, jangan sampai muncul opini negatif soal skema subsidi silang untuk memberikan keringanan bagi rumah tangga tidak mampu yang menggunakan daya listrik 450 dan 900 watt.

"Selama ini belum ada jawaban yang gamblang dari PLN. Ini sangat disayangkan mengingat banyaknya keluhan dan beban yang semakin menyulitkan masyarakat di masa pandemi ini," tandasnya.