Mendes PDTT Harap `New Normal` Bukan Sekadar Perubahan Disiplin Tapi Juga Budaya

Rahmad Novandri | Jum'at, 05/06/2020 22:09 WIB
Mendes PDTT Harap `New Normal` Bukan Sekadar Perubahan Disiplin Tapi Juga Budaya Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar. (foto: kemendesa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia akan memulai menerapkan pola hidup baru atau New Normal. Penerapan perilaku tersebut diharapkan dapat menjadi budaya baru di Indonesia ditengah pandemi COVID-19.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri mengatakan bahwa new normal merupakan satu tatanan kehidupan baru yang normal tetapi dengan kebiasaan yang lebih baik dibandingkan normal sebelumnya saat wabah COVID-19 belum melanda Indonesia. Menurutnya, banyak pelajaran yang didapat selama masa pandemi ini berlangsung.

"Saya pribadi sangat senang dengan penggunaan diksi new normal, karena tentu tidak ada warga Indonesia yang tidak paham apa makna dari kata `new` itu. New normal bukan sekadar perubahan disiplin, tetapi suatu perubahan sikap perilaku bahkan budaya," papar Gus Menteri dilansir dari okezone.com, Jumat, 5 Juni 2020.

Ia berharap, new normal dapat menjadi sebuah gaya hidup baru. Dimana masyarakat sudah terbiasa antre, menjaga kebersihan, serta menjaga kesehatan.

"Saya berharap kondisi new normal ini dapat membawa perubahan sehingga masyarakat bisa punya lifestyle baru. sudah terbiasa antre, sudah biasa menjaga kesehatan, sudah terbiasa menjaga kebersihan. Kita maksimalkan dan terapkan di seluruh desa," pungkasnya.