Cak Imin Ajak Masyarakat Indonesia Aktualisasikan Nilai Pancasila Hadapi COVID-19

Rahmad Novandri | Senin, 01/06/2020 14:49 WIB
Cak Imin Ajak Masyarakat Indonesia Aktualisasikan Nilai Pancasila Hadapi COVID-19 Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Ketua Umum DPP PKB). (Dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyerukan kepada para pemimpin negeri dan rakyat Indonesia agar dapat mengaktualisasikan dan mewujudkan nilai-nilai yang menjadi jiwa Pancasila untuk menghadapi pandemik COVID-19.

"PKB yakin dengan bermodalkan nilai dan ajaran yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila, kita akan mampu melewati krisis pandemik ini dengan baik," kata Cak Imin dalam rilisnya, Senin, 1 Juni 2020.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu mengungkapkan bahwa nilai-nilai Pancasila adalah modal terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia agar dapat keluar dari pandemik COVID-19. Pancasila sebagai pedoman dasar dan pegangan utama bangsa dan negara harus dapat diimplementasikan secara benar, konsekuen, serta konsisten oleh para pemimpin negeri dan seluruh rakyat Indonesia selama masa pandemik COVID-19 ini berlangsung.

Sebab, lanjutnya, Pancasila mengajarkan kepada bangsa tentang pentingnya nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Kemanusiaan harus ditempatkan lebih tinggi daripada segala ego sektoral dari masing-masing pemegang kebijakan, pemerintah pusat maupun daerah, legislator di semua tingkatan, pelaku usaha, bisnis dan sebagainya.

Salah satu kerja kemanusiaan yang dilakukan adalah dengan menolong masyarakat yang terkena dampak COVID-19 secara ekonomi, baik dengan membagikan masker maupun sembako, serta bantuan pengobatan.

Cak Imin mengajak seluruh elemen bangsa menjadikan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni sebagai momentum untuk membulatkan tekad, mengasah kemanusiaan, mengokohkan persatuan nasional serta meningkatkan jiwa gotong royong dalam gerak dan upaya bersama bangsa ini mengatasi pandemik COVID-19. Pemerintah, sambungnya, tidak bisa sendirian menangani pandemik dan dampak ekonomi dan sosial dari COVID-19, begitu juga masyarakat tidak bisa sendiri menanggung beban akibat dari COVID-19.

"Inilah momentum bangkit bersama Pancasila menyelamatkan Indonesia dari pandemik COVID-19. Yakinlah, dengan Pancasila, bangsa Indonesia tidak akan mengalami disabilitas politik maupun sosial seperti negara lainnya. Dan dengan Pancasila pula bangsa Indonesia akan mampu dengan cepat memulihkan (recovery) perekonomian nasional akibat pandemik COVID-19," tutup Cak Imin.


Berita Terkait :