Pemerintah Hapus Proyek Pesawat R80 dan N245 Rintisan Habibie, Diganti Drone

Ahmad Zubaidi | Minggu, 31/05/2020 09:30 WIB
Pemerintah Hapus Proyek Pesawat R80 dan N245 Rintisan Habibie, Diganti Drone Almarhum Presiden ke-3, BJ Habibie (foto: IG b.jhabibie)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 29 Mei 2020 memutuskan untuk menghapus dua proyek rintisan BJ Habibie dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), yaitu pesawat R80 dan N245.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, proyek kedua pesawat tersebut digantikan dengan tiga proyek drone atau pesawat tanpa awak dalam PSN 2020-2024 ini.

"Terkait dengan tiga proyek drone. Di mana tiga proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245," jelas Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi.

Menurut Airlangga, pengembangan pesawat nirawak lebih ideal dilakukan dalam kondisi saat ini. Karena itu, Pemerintah mendahulukan pengembangan proyek pesawat nirawak di tengah pandemi COVID-19 ini, dibanding R80 dan N245.

“Dialihkan menjadi teknologi `drone` yang dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang dan pengembangannya sudah dimulai oleh PT DI," ungkap Airlangga.

Proyek pengembangan pesawat R80 yang sempat masuk dalam PSN ini dikerjakan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). Sementara proyek pesawat N245 digarap oleh PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kedua pesawat tersebut dirancang menjadi pesawat penumpang sepenuhnya, dan digunakan dalam penerbangan jarak menengah. Investasi untuk pengembangan kedua proyek pesawat tersebut diperkirakan sebesar 180-200 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,6 triliun.


Berita Terkait :