Sambut HUT ke-43, BLK Makassar Peduli Tanggulangi Covid-19

M. Isa | Selasa, 21/04/2020 14:27 WIB
Sambut HUT ke-43, BLK Makassar Peduli Tanggulangi Covid-19 BLK Makassar (foto: kemnakergoid)
MAKASSAR, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar melakukan aksi kepedulian terhadap penanggulangan Covid-19 dengan mendonasikan sejumlah bantuan kepada sejumlah posko penanggulangan dampak Covid-19. Aksi peduli penanggulangan Covid-19 juga merupakan rangkaian HUT BLK Makassar ke-43.
 
Menurut Kepala BLK Makassar Fitroh Hanrahmawan, kegiatan peduli sosial kali ini meliputi pembagian 145 paket penambah stamina tubuh dan pemeliharaan kesehatan untuk ASN dan PPNPN BLK Makassar; pembagian 250 buah masker; pembagian 50 hazmat (baju Alat Pelindung Diri=APD) bagi tim medis; bansos kepada Panti Asuhan berupa beras, air minum, gula dan baju layak pakai.
 
"Bantuan masker, baju hazmat bagi tim medis itu, seluruhnya hasil produksi BLK Makassar bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) sebagai binaan BLK. Bantuan masker, baju hazmat nantinya akan didistribusikan ke sejumlah intansi terkait dan akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Fitroh Hanrahmawan di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui keterangan tertulisnya yang dilansir kemnakergoid, Senin 20 April 2020.
 
Fitroh menjelaskan BLK Makassar yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pusat di bawah naungan Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, memiliki 22 UPTD BLK Binaan yang tersebar di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. 
 
Sejak merebaknya dampak Covid19, Fitroh mengungkapkan BLK Makassar beserta UPTD Binaan secara bersama-sama dan berkelanjutan tetap melanjutkan aksi peduli. Hingga saat, pihaknya telah memproduksi dan mendonasikan  masker sebanyak 43.121 lembar; 2 buah Bilik Disinfektan;  120 botol Hand Sanitizer; 53 baju  APD dan 6 buah Washtafel.
 
Fitroh menambahkan sejalan dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/2/HM.01/III/2020 tentang Panduan Tindak Lanjut Terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Lingkungan Kemnaker, BLK Makassar  dan UPTD BLK Binaan telah mengambil berbagai langkah preventif. Diantaranya menghentikan sementara proses penyelenggaraan  pelatihan PBK, melaksanakan bekerja dari rumah bagi pegawai ASN maupun PPNPN, dan melaksanakan protokol kepegawaian dan protokol kesehatan di lingkungan kerja BLK Makassar serta UPTD Binaan.
 
"Selanjutnya, melaksanakan kerja dari rumah (work from home) bagi PNS maupun PPNPN dan melaksanakan protokol kepegawaian dan protokol kesehatan di lingkungan BLK Makassar, "  ujar Fitroh.
 
Fitroh mengimbau seluruh masyarakat di kota Makassar untuk tetap tenang, menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi secara periodik mencuci tangan setelah beraktivitas di ruang publik. Selain itu, pihaknya juga mengimbau untuk menghindari tempat keramaian apabila tidak mendesak.
 
"Segera ke dokter bila mengalami simtomatik, mengikuti anjuran dan ketentuan protokol kesehatan terkait Covid-19 dan terus memantau perkembangan serta selalu berdoa memohon perlindungan Tuhan agar ujian wabah ini segera berakhir, "  katanya.

Berita Terkait :