Pasca Covid-19, Kemendesa PDTT Siapkan 1,8 juta Hektare Transmigrasi untuk Ketahanan Pangan

M. Isa | Jum'at, 15/05/2020 04:28 WIB
Pasca Covid-19, Kemendesa PDTT Siapkan 1,8 juta Hektare Transmigrasi untuk Ketahanan Pangan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengikuti Webinar (foto: kemendesagoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menyiapkan 1,8 Juta Hektare lahan transmigrasi untuk membantu ketahanan pangan pasca pandemi covid 19. Lahan pertanian ini akan dilakukan intensifikasi untuk mempercepat dan meningkatkan hasil panen padi.

“Lahan yang bisa digunakan untuk intensifikasi ada 1,8 Juta Hektare lahan pertanian di 3,2 Juta Hektare kawasan transmigrasi. Lokasinya menyebar di beberapa daerah,” ujar Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Kamis 14 Mei 2020.
 
Gus Menteri, sapaannya, menerangkan, dari 1,8 Juta Hektare lahan pertanian tersebut, sebanyak 500.000 Hektare telah melakukan aktifitas produksi. Intensifikasi dilakukan untuk menggenjot percepatan dan peningkatan produksi padi di lahan tersebut.
 
Intensifikasi pada 500.000 Hektare lahan transmigrasi ini diperkirakan akan membantu memenuhi kebutuhan pangan sebanyak 16 Juta orang per tahun, “Misalnya yang sudah ada ini, hasil panennya rata-rata sekitar 3-4 ton per hektare dalam satu kali tanam. Dalam program intensifikasi ini, sebisa mungkin hasil panen akan digenjot minimal 5-6 ton per hektar dalam satu kali tanam,” terangnya.
 
500.000 Hektare lahan ini, lanjutnya, telah memenuhi prasyarat untuk dilakukan intensifikasi, yakni tersedianya tenaga kerja, bibit unggul, pupuk, mekanisasi dan irigasi, rice milling, off taker, dan perbankan.

Sedangkan sisanya, yakni 1,3 Juta Hektare lahan akan dilakukan intensifikasi jangka panjang dengan terlebih dulu menyiapkan prasyarat yang belum tersedia seperti mekanisasi dan irigasi, rice milling, dan off taker. 

“Kita uji coba di 500.000 Hektare ini dulu menjelang awal tahun 2021. Maka setelah itu kita bergerak di 1,3 Juta Hektare lahan selebihnya. Ini sifatnya untuk jangka menengah dan jangka panjang,” tukasnya.