Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19, Legislator PKB Sumbangkan Gaji untuk Berbagi Sembako

Rahmad Novandri | Kamis, 14/05/2020 23:38 WIB
Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19, Legislator PKB Sumbangkan Gaji untuk Berbagi Sembako Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Ratna Juwita Sari menyerahkan bantuan pada masyarakat di Tuban, Kamis (14/5). (Foto: istimewa)

TUBAN, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ratna Juwita Sari menunjukkan kepedulian dalam mengatasi wabah COVID-19. Ratna menyumbangkan gaji dan tunjangannya untuk berbagi sembako kepada masyarakat terdampak di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. 

Sumbangan tersebut berupa 25 ton beras dan 5.000 paket sembako dalam program "IYA_JUWITA PKB PEDULI". Menurutnya, kegiatan ini untuk meringankan beban masyarakat yang kesulitan mendapatkan penghasilan karena wabah COVID-19.

"Dihitung sejak ditemukannya kasus pertama, wabah COVID-19 ini telah melanda Indonesia selama 74 hari. Pembatasan sosial telah diterapkan selama 59 hari. Banyak warga terdampak kehilangan penghasilan. Kita harus saling bantu, saling berbagi," kata Ratna didela-sela kegiatan, Kamis, 14 Mei 2020.

Diungkapkannya, bentuk kepedulian ini merupakan instruksi dari Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pada seluruh kader PKB untuk segera membantu meringankan beban masyarakat. "Sesuai instruksi dari ketum PKB gus Muhaimin Iskandar untuk segera bergerak membantu masyarakat di daerah pemilihan masing-masing," ujarnya.

Adapun masyarakat yang menerima bantuan yakni guru ngaji serta masyarakat yang kegiatan ekonominya terdampak secara langsung di Kabupaten Tuban. Sementara, untuk pendistribusian bantuan, Ratna dibantu para relawan dan driver ojek online hingga ojek konvensional.

"Pendistribusian bantuan ini dibantu sepenuhnya oleh kader-kader PKB dan relawan IYA JUWITA. Selain itu kami juga menggandeng driver ojek online seperti NUjek, Grab dan Tujek, juga ojek konvensional untuk mengantar bantuan. Tujuannya agar mereka memperoleh penghasilan," terangnya.

Selain itu, Ratna juga telah mendirikan Posko Lawan COVID-19 dan menyalurkan bantuan berupa 350 baju hazmat dan 500 masker untuk tenaga medis, 7.000 masker kain untuk masyarakat serta 1.000 botol handsanitizer. Pihaknya juga turut melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum, rumah ibadah hingga rumah warga di desa-desa.

"Terima kasih kepada PCNU Tuban beserta banomnya, DPC PKB, Kader PKB, Relawan Iya Juwita dan semua pihak yang telah bekerja ikhlas untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan sukses. Ini menujukkan bahwa kita semua `Berani lebih baik` dengan bicara lewat karya," pungkasnya. 


Berita Terkait :