Cak Imin: Covid-19 Dijadikan Evaluasi Total Penanganan Kesehatan Hingga Ekonomi

M. Isa | Sabtu, 09/05/2020 04:01 WIB
Cak Imin: Covid-19 Dijadikan Evaluasi Total Penanganan Kesehatan Hingga Ekonomi Cak Imin memberikan sambutan dalam Tasyakuran Harlah PKB beberapa waktu lalu (dok Radarbangsa/Rere)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap perekonomian Indonesia.

Hal ini, Cak Imin sampaikan saat membuka webinar Indonesia Environment Talk 2020 #2 dengan topik Omnibus Law, Krisis Iklim dan Pola Pembangunan Pasca COVID-19 yang digelar Radesa Institute dan Environment Institute pada Kamis 7 Mei 2020.

"Covid-19 telah mengakibatkan krisis yang mencemaskan dan tentu kita tahu akibat dari dampak wabah ini adalah ekonomi kita, cara kita bekerja, cara kita melaksanakan fungsi-fungsi sosial dan kenegaraan kita,” kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, pemerintah dan DPR telah melakukan segala upaya dalam merespon dan strategi dalam menghadapi Covid-19 ini, tentu semua berakibat pada pola hidup dan pola kita dalam bernegara. "Kita harus melakukan penataan ke depan dengan sungguh-sungguh,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum DPP PKB itu menjelaskan wabah ini harus dijadikan kesempatan untuk melakukan evaluasi total terhadap penanganan kesehatan, ekonomi termasuk pola hubungan internasional yang dijalankan selama ini.

"Ini kesempatan kita juga untuk melakukan evaluasi total atas sistem penanganan kita baik penanganan kesehatan, ekonomi, pola hubungan internasional yang kita jalankan secara konvensional dengan antisipasi tata dunia baru yang terus berubah setiap hari,” jelasnya.

Bahkan, kata Ketua Tim Pengawas Covid-19 itu, pembangunan nasional pasca Covid-19 tentu akan berbeda. "Pembangunan nasional pasca Covid-19 tentu akan berbeda dan terus harus kita cari formulanya,” katanya.