Asal Patuhi Protokol Kesehatan, Presiden Persilahkan Masyarakat Beraktifitas Terbatas

M. Isa | Kamis, 07/05/2020 20:33 WIB
Asal Patuhi Protokol Kesehatan, Presiden Persilahkan Masyarakat Beraktifitas Terbatas Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan masyarakat beraktivitas secara terbatas tapi dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat di masa  pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ia menegaskan bahwa Pemerintah berusaha keras terus menangani covid-19 ini sehingga angkanya segera turun.

“Kita berusaha keras dan berharap puncak pandemi Covid-19 ini akan segera akan menurun,” tutur Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Kamis 7 Mei 2020.

Namun demikian, dikutip laman setkabgoid, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa beberapa ahli mengatakan ketika kasusnya sudah turun tidak berarti langsung landai atau langsung nol, ada kemungkinan masih bisa naik lagi atau turun lagi, naik sedikit lagi dan turun lagi, dan seterusnya.

“Artinya, sampai ditemukannya vaksin yang efektif kita harus hidup berdamai dengan Covid-19 untuk beberapa waktu ke depan,” imbuh Presiden.

Mantan Walikota Surakarta itu mengaku, Indonesia beruntung sejak awal memilih kebijakan PSBB, bukan lockdown atau karantina wilayah. PSBB adalah pembatasan kegiatan di tempat umum atau di fasilitas umum dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak antarorang.