Legislator PKB Minta Pemerintah Alihkan Biaya Kartu Prakerja Rp5,6 T untuk Bansos

Rahmad Novandri | Senin, 04/05/2020 18:31 WIB
Legislator PKB Minta Pemerintah Alihkan Biaya Kartu Prakerja Rp5,6 T untuk Bansos Siti Mukaromah (Anggota DPR RI dari Fraksi PKB). (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah berencana akan  biaya pelatihan Kartu Pra Kerja sebesar Rp 1 juta kepada masing-masing peserta program tersebut. Totalnya ada 5,6 juta yang ditargetkan menjadi peserta, sehingga ada dana Rp 5,6 triliun yang disediakan untuk pelatihan Kartu Pra Kerja.

Kebijakan tersebut ditanggapi oleh Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Siti Mukaromah. Menurutnya, dana Rp 5,6 triliun lebih baik dialihkan untuk bantuan sosial (bansos) ketimbang untuk biaya pelatihan.

"Menurut skema kami dana Rp 5,6 triliun sebaiknya dialihkan untuk bantuan langsung berupa bansos," kata Erma, panggilan akrabnya, saat rapat virtual dengan Badan Anggaran DPR RI, Senin, 4 Mei 2020.

Dirinya berharap pemerintah betul-betul memberikan bantuan kepada rakyat yang membutuhkan, agar dampak dari wabah virus Corona ini tidak terlalu memberatkan masyarakat. "Saya pikir pemerintah harus benar-benar berpihak pada masyarakat dan betul-betul menjadi bagian untuk menyelesaikan wabah COVID-19 ini termasuk efeknya pada masyarakat," tuturnya.